Kenaikan harga belum pengaruh ke penjualan mobil

macet

JAKARTA – Melambungnya harga minyak dunia yang berimbas pada kenaikan harga mobil ternyata tidak berpengaruh pada penurunan penjualan mobil nasional. Bahkan penjualan Februari diprediksi naik.

“Bisa banyak kemungkinan, tapi yang jelas kenaikan harga mobil, belum mengubah presepsi konsumen terhadap mahal atau tidaknya harga mobil. Selain itu pertumbuhan ekonomi juga turut mendukung baiknya daya beli masyarakat,” ujar Bambang Trisulo, Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, saat dihubungi okezone, Selasa (11/3/2008).


Bambang menambahkan, kenaikan harga mobil harus dipahami secara utuh karena tidak setiap pabrikan menaikkan harga secara serentak dan tingkat kenaikannya bervariasi. Ini pun tidak sembarang menaikkan. Semuanya benar-benar diperhitungkan agar konsumen tidak merasa dibikin bingung dengan waktu dan besaran kenaikan tersebut. “Menaikkan harga itu bukan perkara mudah. Produsen kendaraan akan berfikir berulang-ulang untuk naikkan harga dan cenderung melihat perkembangan ke depan,” jelas Bambang.
Menurutnya, melambungnya harga minyak juga tidak bisa dijadikan patokan utama sebuah produsen mobil untuk menaikkan harga. “Kita tidak tahu kondisi harga minyak 3 atau 6 bulan lagi. Bisa melonjak atau bahakan turun ke posisi USD90-an per barel. Saya kira produsen benar-benar mengamati terus,” katanya.
Mengenai resesi global, Bambang berpendapat pengaruhnya tidak akan langsung sampai Indonesia. “Saya prediksikan, mungkin 6 bulan lagi. Itu pun jika resesi berlangsung secara konsisten. Apabila tidak, saya kira Indonesia tidak akan terimbas,” ujarnya.
Bambang sendiri memprediksikan, penjualan kendaraan pada Februari 2008 ini mencapai 42.000 hingga 43.000 unit. Jumlah tersebut tumbuh dibanding penjualan Januari yang mencapai 41.600 unit lebih. Para pelaku bisnis automotif, sebelumnya juga memprediksikan penjualan Februari akan tumbuh pada kisaran 46.000 unit.(ton)

~ oleh adrianth pada Maret 12, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: